13 Stadion Termegah Sebagai Kandang Klub Elit Eropa

Untuk membangun klub berkelas dunia tidak hanya dibutuhkan deretan pemain atau sosok pelatih bernama besar, namun diperlukan juga investasi infrastruktur stadion yang menjadikan klub memiliki identitas bahkan menjadi ikon wisata olah raga sebuah negara.

Salam The Art of Soccer!

Well, Bro dan Sis, topik kita kali ini adalah tentang stadion termegah milik klub elit Eropa. Coba anda bayangkan sebuah klub elit  ternama, disegani, punya jutaan penggemar, punya pemain hebat, manajer mumpuni, sponsor melimpah namun tidak punya rumah sendiri, sungguh sebuah ironi. Klub-klub elit di Eropa rata-rata mempunyai rumah atau stadion sendiri yang merupakan identitas dan ikon klub itu sendiri. Stadion yang mana sajakah mereka? Siapakah pemilik stadion tersebut? Drive Ball telah merangkum nama-nama stadion termegah sebagai kandang klub elit Eropa.
Adapun 13 stadion termegah sebagai kandang klub elit Eropa adalah sebagai berikut :

1. Stadion Old Trafford

Old Trafford adalah stadion sepak bola yang berlokasi di Old Trafford, Greater Manchester Inggris dimana Manchester United menjadikannya sebagai markas. Berkapasitas 75.635 kursi stadion ini merupakan stadion terbesar ketiga dan stadion sepak bola terbesar kedua di Inggris serta stadion terbesar ke sebelas di Eropa. The Theatre of Dreams, demikian julukan stadion ini yang diberikan oleh Sir Bobby Charlton telah menjadi markas United sejak tahun 1910

Stadion Old Trafford diarsiteki oleh Archibald Leitch dimana pembangunannya dimulai tahun 1909 dan dibuka pada tanggal 19 Pebruari 1910 dengan menghabiskan biaya sebesar 90.000 poundsterling saat itu. Stadion berukuran 114,8 x 74,4 yard ini mengalami beberapa kali renovasi yaitu tahun 1990 dan tahun 2000-an, termasuk penambahan tingkat di tribun utara, barat dan timur yang membuat stadion kembali ke kapasitas aslinya yang dapat menampung 80.000 penonton. Rekor kehadiran stadion tercatat pada tahuin 1939, saat 76.962 orang menghadiri semifinal Piala FA antara Wolvehampton Wanderers dan Grimsby Town.

Pertandingan-pertandingan penting yang pernah diselenggarakan di Old Trafford antara lain : semifinal Piala FA, pertandingan Inggris, pertandingan pada Piala Dunia 1996 serta final Liga Champion Eropa tahun 2003. Stadion ini juga menjadi penyelenggara cabang sepak bola pada Olimpiade Musim Panas tahun 2012, termasuk sepak bola internasional wanita untuk pertama kalinya dalam sejarah.

2. Stadion Anfield

Anfield adalah nama stadion yang terletak di kota Liverpool, Inggris yang merupakan kandang bagi klub sepak bola Liverpool FC sejak klub ini didirikan pada tahun 1892. Awalnya stadion ini merupakan kandang dari klub Everton FC dari tahun 1884 hingga 1892, Everton kemudian pindah ke stadion Goodison Park. Sejak saat itulah Anfield menjadi kandang Liverpool sampai sekarang.


Terletak 4, 8 km dari pusat kota Liverpool, stadion Anfield mampu menampung sebanyak 45.276 penonton dengan ukuran lapangan 101 m x 68 m ini telah mengalami renovasi. Ada penambahan 8.500 kursi tambahan di tribun utama dimana bagian tersebut sengaja dirancang untuk mempertahankan suasana tak tertandingi dari semangat penduduk Anfield. Jika ditotal dengan tribun lainnya kursi penonton di Anfield bertambah menjadiu 65.000 kursi.

3. Stadion Emirates

Stadion Emirates adalah stadion yang terletak di Ashburton Grove, Holloway, London Utara yang merupakan kandang bagi Arsenal FC. Stadion ini merupakan stadion sepak bola terbesar kedua di kompetisi Liga Premier Inggris setelah Old Trafford dan merupakan terbesar keempat di Inggris Raya setelah stadion Wembley (London), Old Trafford (Manchester) dan stadion Millenium (Cardiff)

Stadion ini memiliki kapasitas 60.355 kursi menggantikan stadion lama Arsenal yaitu Highbury yang telah dipakai Arsenal selama kurang lebih 93 tahun (1913 - 2006).  Biaya pembangunan stadion yang diarsiteki oleh tim HOK Sport ini sekitar 430 juta Poundsterling mempunyai ukuran lapangan 105 m x 68 m. Nama resmi stadion ini adalah stadion Arsenal tetapi karena tim Arsenal mencapai kesepakatan dengan perusahaan penerbangan Emirates selama 15 tahun maka disebutlah stadion Emirates.

4. Stadion Etihad

Stadion Etihad adalah stadion yang terletak di Manchester dimana Manchester City memakainya sebagai kandang sejak tahun 2003. Mulanya stadion bernama stadion City of Manchester ini dibangun sebagai tempat penyelenggaraan Pesta Olah raga Persemakmuran 2002.
Sejak Juli 2011 berubah nama menjadi stadion Etihad karena untuk tujuan sponsorship. Etihad merupakan stadion terbesar ketiga di liga Premier Inggris dan terbesar kelima di Inggris memiliki kapasitas 55.097 kursi. Stadion yang pembangunannya dimulai tahun 1999 ini diarsiteki oleh Arup Group Limited (desain stadion), KSS Design Group (interior) dan Populous (ekspansi) dan dibuka pada tanggal 25 Juli 2002 (atletik) dan tanggal 10 Agustus 2003 (sepak bola) dengan menelan biaya 110 juta poundsterling.

Pertandingan kandang pertama Manchester City di Liga Primer Inggris dilaksanakan tanggal 23 Agustus 2003 melawan Portsmouth dengan hasil imbang 1 - 1.

5. Stadion Stamford Bridge

Stamford Bridge adalah stadion sepak bola yang terletak di Fulham Road London, Inggris yang merupakan kandang Chelsea FC. Stadion ini sering disebut "The Bridge" oleh suporter klub tersebut berkapasitas 41.837 kursi penonton. Arsitek Stamford Bridge adalah Archibald Leitch mulai dibuat tahun 1876 dan dibuka pada tanggal 28 April 1877 serta digunakan oleh Athletics Club hingga tahun 1905, saat pemilik baru Gus Mears mendirikan Chelsea FC untuk menempati stadion. Chlsea memainkan pertandingan kandang di stadion ini sejak saat itu.

Stadion ini telah mengalami perubahan besar selama bertahun-tahun yang terakhir pada dekade 1990-an ketika dilakukan renovasi untuk menjadikan sebuah stadion yang lebih modern dengan kursi penonton setiap tribun. Terdiri dari 4 tribun yaitu tribun Matthew Harding, tribun timur, shed end dan tribun barat dimana masing-masing tribun mampu menampung jumlah penonton yang berbeda satu sama lainnya. Jumlah penonton liga tertinggi stadion ini adalah 82.905 orang saat menghadapi Arsenal pada tanggal 12 Oktober 1935.
6. Stadion Camp Nou

Camp Nou adalah stadion sepak bola yang berlokasi di Barcelona, Spanyol yang merupakan kandang Barcelona FC. Istilah Camp Nou berasal dari bahasa Catalan yang artinya lapangan baru, mulai pembangunannya tanggal 28 Maret 1954 dan dibuka pada tanggal 24 September 1957 dimana total biaya yang dihabiskan sebanyak 288 juta Peseta. Stadion yang diarsiteki oleh Francesc Mitjans-Miro Lorenzo Garcia Barbon Josep Soteras Mauri ini berkapasitas 98.772 kursi.

Stadion Camp Nou yang memiliki ukuran lapangan 105 m x 68 m ini akan direnovasi lagi dan Barcelona telah merilis desain baru stadion kebanggan mereka untuk target penyelesaian tahun 2021. Tim arsitek berasal dari Jepang yaitu Nikken Sekkei dan Pascuali Ausio Arquitectes diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar 465 juta pounds. Stadion yang awalnya berkapasitas 98.772 kursi akan dikembangkan menjadi 105.000 kursi. Selama renovasi Barcelona tetap bisa bermain di sini.

7. Stadion Santiago Bernabeu

Santiago Bernabeu adalah stadion sepak bola yang terletak di kota Madrid, Spanyol, yang merupakan kandang bagi klub sepak bola Real Madrid. Stadion yang dulunya bernama stadion Chamartin (1947 - 1955) ini pernah mampu menampung sebanyak 120.000 penonton setelah diperluas pada tahun 1953. Karena arus modernisasi kapasitas untuk penonton mulai dikurangi. Kini stadion kebanggan Real Madrid ini berkapasitas 81.044 kursi.

Manuel Munoz Monasterio, Liuz Alemany Soler dan Antonio Lamela adalah para arsitek yang menukangi pembuatan stadion ini dimana pembangunannya mulai pada tanggal 27 Oktober 1944 dan dibuka 3 tahun kemudian tepatnya tanggal 15 Desember 1947 dengan total biaya sebesar 288.342.653 Peseta atau setara dengan 1.732.943 Euro. Santiago Bernabeu pernah diperbesar tahun 1953, 1992, 1994 dan 2011.



8. Stadion Juventus

Stadion Juventus adalah nama stadion sepak bola di Torino, Piemonte, Italia yang menjadi kandang Juventus. Stadion yang pembangunannya dimulai 1 Maret 2009 ini menghabiskan biaya sebesar 105 milliar Euro dan resmi dibuka pada tanggal 8 September 2011. Pada awalnya stadion ini bernama Juventus Arena akhirnya memilih nama stadion Juventus ini memiliki kapasitas 41.000 penonton. Stadion ini dibangun di atas lahan bekas stadion Delle Alpi, mengambil model dari stadion-stadion di Inggris. Hal ini bisa dilihat dari jarak tribun yang sangat dekat dengan lapangan yaitu sekitar 7,5 meter, sementara grand stand utama stadion ini berjarak 49 meter dari lapangan.

Stadion kebanggan il bianconeri yang diarsiteki oleh Hernando Suarez dan Gino Zavanella ini mempunyai ukuran lapangan 105 m x 68 m mengantarkan Juventus sebagai klub Italia pertama yang membangun dan mempunyai stadion sendiri. Pertandingan resmi perdana Juventus di stadion ini adalah pada laga pembuka musim serie A 2011/2012 pada tanggal 11 September 2011 melawan Parma.

9. Stadion Giuseppe Meazza

Stadion Giuseppe Meazza atau dikenal pula dengan nama stadion San Siro adalah kandang bagi 2 tim liga Italia dari serie A di kota Milan, yaitu AC Milan dan Internazionale Milan. Nama Giuseppe Meazza dipilih sebagai nama stadion pada tanggal 3 Maret 1980 untuk menghormati pemain sepak bola legendaris yang membawa Italia menjuarai Pila Dunia 1934 dan 1938, sekaligus mantan pemain Inter Milan. Suporter AC Milan lebih suka menggunakan nama San Siro untuk menyebut nama stadion ini karena Giuseppe Meazza lebih identik dengan Inter Milan walaupun pernah bermain untuk AC Milan. Sebenarnya milik siapakah stadion ini? Awalnya stadion ini adalah kandang bagi AC Milan, hingga pada tahun 1935 AC Milan mengalami kebangkrutan dan harus menjual stadion tersebut pada pemerintah kota Milan. Inter Milan kemudian menyewa stadion ini dari pemerintah kota Milan pada tahun 1947. Jadi pemilik stadion ini adalah pemerintah kota Milan.

Pembangunan stadion ini mulai tahun 1925 menghabiskan dana sebesar 5 juta Lira dan dibuka setahun kemudian yaitu tanggal 19 September 1926 ditandai dengan pertandingan derby antara AC Milan melawan Internazionale Milan yang dimenangkan oleh Inter Milan dengan skor 6 - 3. Lira. Dengan ukuran lapangan 105 m x 68 m, stadion ini mampu menampung penonton sebanyak 80.074 orang.

10. Stadion Allianz Arena

Allianz Arena adalah nama stadion sepak bola di sebelah utara kota Munchen, Jerman yang merupakan kandang bagi Bayern Munchen.  Mulai dibangun pada tanggal 21 Oktober 2002 dimana biaya pembuatannya sebesar 340 juta Euro dengan Herzog dan de Meuron ArupSport sebagai arsiteknya. Pembukaannya dilakukan tanggal 30 Mei 2005 dengan pertandingan persahabatan antara TSV 1860 Munchen dan FC Nurnberg.

Stadion yang juga merupakan tempat diadakannya pertandingan pembukaan Piala Dunia FIFA 2006 ini berkapasitas 66.000 penonton. Stadion ini berpenampilan futuristik, kerak bagian luar menampilkan 1056 panel berbentuk belah ketupat yang masing-masing dapat diterangi dalam warna yang berbeda (merah, biru atau putih) sehingga terlihat seperti suatu pola yang bergerak.

Stadion ini dioperasikan oleh Allianz Arena Munchen GmbH. Kompleks stadion ini dimiliki oleh dua tim sepak bola asal Munchen yaitu TSV 1860 Munchen dan Bayern Munchen. Tetapi karena TSV 1860 Munchen krisis keuangan maka FC Bayern Munchen mengambil alih semua kepemilikan Allianz Arena dan kini mereka 100% sebagai pemilik Allianz Arena.

11. Stadion Amsterdam ArenA

Stadion Amsterdam ArenA adalah stadion yang terletak di Amsterdam, Belanda merupakan kandang bagi Ajax Amsterdam.sebagai pengganti stadion sebelumnya yaitu stadion de Meer. Stadion ini dibuat tahun 1994 dengan biaya 96 juta Euro diarsiteki oleh Schuurman dan dibuka pada tahun 1996 dengan pertandingan antara Ajax dan AC Milan. Stadion berkapasitas 51.628 kursi ini sudah banyak menyelenggarakan pertandingan elit UEFA dan dunia seperti misalnya parta final Liga Champion Eropa antara Chelsea FC dengan Benfica.

Kelebihan stadion ini adalah atap stadion yang bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan sehingga kalau cuaca lagi hujan pun pertandingan bisa berlangsung tinggal menutup atapnya saja. Lama waktu yang diperlukan untuk membuka atau menutup atapnya adalah 20 menit yang dilakukan dengan motor listrik.



12. Stadion Parc des Princes

Stadion Parc des Princes adalah nama stadion sepak bola yang terletak di Paris, Prancis yang merupakan markas Paris Saint Germain (PSG). Dibuat pada tahun 1897 dengan Roger Tallibert sebagai arsiteknya dan dibuka pada tanggal 18 Juli 1897. Stadion yang pernah direnovasi tahun 1932 dan 1972 ini berkapasitas 48.713 penonton.

Stadion Parc des Princes ini pernah dipakai untuk putaran final Piala Dunia FIFA tahun 1998 dan Piala Eropa tahun 2016.




13. Stadion do Dragao

Stadion do Dragao adalah stadion sepak bola yang berlokasi di Porto, Portugal yang merupakan kandang Porto FC. Stadion do Dragao yang artinya stadion naga ini diarsiteki oleh Manuel Salgado dengan biaya pembuatan 98 juta Euro dan dibuka pada tanggal 16 November 2003, memiliki kapasitas 52.002 tempat duduk.

Stadion ini dibangun sebagai pengganti stadion lama milik Porto FC yaitu stadion Antas dan merupakan salah satu tempat penyelenggaraan kejuaraan sepak bola Eropa tahun 2004.






Well, Bro dan Sis, demikianlah ke-13 stadion termegah yang dijadikan sebagai kandang oleh klub-klub elit Eropa. Stadion tersebut di atas termasuk kategori bintang 5 menurut UEFA. Stadion yang megah dan canggih akan membuat bangga tidak hanya pemain, pelatih dan pengurus klub tetapi juga suporter klub itu sendiri yang menjadi identitas dan ikon klub. Akhir kata Drive Ball mengucapkan banyak terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa pada lain artikel.

Salam The Art of Soccer!





No comments

Powered by Blogger.