Makna dan Fakta Unik serta Nomor Punggung Aneh Pemain Sepak Bola

Terdapat makna dan fakta unik di balik nomor punggung yang selama ini banyak digunakan oleh para pemain sepak bola dunia.

Salam The Art of Soccer!

Well, Bro dan Sis, kali ini Drive Ball akan mengangkat topik tentang makna dan fakta unik di balik nomor punggung pemain sepak bola. Benarkah nomor punggung bagi sebagian pemain akan memberikan keberuntungan bagi pemakainya? Bagaimana kalau nomor punggung 13 bukankah angka itu artinya angka sial? Adakah pemain bola di dunia ini yang memakai angka 13? Ataukah hanya sugesti bahwa nomor tersebut nomor pembawa sial atau nomor keramat misalnya. Entahlah, yang jelas silahkan baca terus artikel ini, siapa tahu anda dapat jawabannya.

Kalau kita perhatikan jersey sebuah klub sepak bola masa kini anda akan mendapatkan warna kaos dan celana khas atau kebanggan klub, logo klub, beberapa logo atau tulisan dari pihak sponsor, nama pemain dan nomor paha (biasanya di celana kiri atau kanan sebelah bawah dan atau ada pula yang menaruh logo di sana) serta nomor punggung. Posisi nomor dan nama pemain tidak mutlak, tergantung designer yang membuat atau atas keinginan klub itu sendiri.

Makna dan Fakta Unik Nomor Punggung

Dahulu pada punggung kaos atau jersey pemain sepak bola tidak berisi nama pemain tetapi hanya berisi nomor punggung saja. Nomor punggung diberikan berdasarkan posisi pemain misalnya sebuah kesebelasan memainkan pola 4 - 4 - 2 maka biasanya nomor punggung pemainnya adalah sebagai berikut :
  • 1. Kiper
  • 2. Bek kanan
  • 3. Bek kiri
  • 4. Bek tengah
  • 5. Bek tengah
  • 6. Gelandang bertahan
  • 7. Sayap kanan
  • 8. Gelandang serang
  • 9 Penyerang
  • 10. Penyerang 
  • 11. Sayap kiri
Nomor punggung seperti contoh di ataslah yang banyak menjadi acuan bagi sebuah klub. Akan tetapi di era sepak bola modern nomor punggung berurutan secara konvensional tadi sebenarnya masih dipakai tetapi tidak mutlak berlaku. Pemain-pemain sepak bola sekarang ada yang memakai nomor digit 2 misalnya 21, 44, 99 atau bahkan digit 3 misalnya 618. Bagi pemain-pemain tertentu, nomor punggung dalam sebuah jersey sepak bola dianggap sakral dan sebuah keharusan. Terdapat makna dan fakta unik di balik nomor punggung yang selama ini banyak digunakan oleh para pemain sepak bola di jagat ini. Mulai dari simbul pemimpin di lapangan hijau hingga nomor-nomor yang memiliki cerita berbau mistis dan takhyul yang diyakini akan memberikan keberuntungan bagi si pemakai.

Adapun makna sebuah nomor punggung pemain sepak bola (nomor ini tidak mutlak untuk posisi pemain) dapat dijabarkan sebagai berikut :

Nomor Punggung 1.
Seperti nomor punggung ala konvensional, di era sepak bola modern pun nomor punggung 1 ini masih banyak dipakai oleh pemain dalam posisi sebagai kiper. Nomor ini diyakini sebagai si pemikul tekanan karena si pemakai dianggap sebagai orang terakhir sekaligus yang paling dipercaya untuk menggagalkan serangan tim lawan. Contoh pemain pemakai nomor 1 adalah Gianluigi Buffon (Juventus/Italia).

Nomor Punggung 4.
Sebagian besar pemain yang menggunakan nomor punggung 4 adalah mereka yang dianggap sebagai pemimpin di lapangan hijau. Mereka kerap juga berfungsi sebagai "asisten pelatih" yang bertugas mengkoordinasikan dan menterjemahkan strategi sang pelatih ketika bertanding. Contoh pemain pemakai nomor punggung 4 adalah : Fernando Hierro (Mantan Kapten Real Madrid/Spanyol)

Nomor Punggung 7.
Pemain dengan nomor punggung 7 selalu dikaitkan sebagai pemain jempolan yang selalu bersinar setiap bertanding. Mereka biasanya dijadikan sebagai pemenuh ekspektasi tinggi petinggi klub dan penggemar sebuah klub sepak bola. Contoh pemain bernomor punggung 7 adalah : Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal), David Beckham (mantan pemain Manchester United/Inggris).

Nomor Punggung 8.
Pemain bernomor punggung 8 diidentikkan dengan posisi sebagai pemain tengah yang berfungsi sebagai penyeimbang antara lini pertahanan dan lini penyerang sebuah tim sepak bola. Selain itu nomor ini dikenang pula sebagai nomor punggung milik salah satu legenda klub. Contoh pemain bernomor punggung 8 adalah : Steven Gerrard (Liverpool/Inggris)

Nomor Punggung 9.
Pemain dengan nomor punggung ini kerap diberikan kepada seorang striker murni yang memiliki insting tajam dalam mencetak gol jika berada di kotak penalti lawan. Selain itu nomor ini juga diidentikkan dengan pemain idola para penggemar klub sepak bola di seluruh dunia. Contoh pemain bernomor punggung 9 adalah : Alan Shearer (mantan pemain Newcastle United/Inggris), Fillipo Inzaghi (mantan pemain AC Milan/Italia), Radamel Falcao (Atletico Madrid/Kolombia), Ronaldo Luis Nazario da Lima (legenda Brazil)

Nomor Punggung 10.
Nomor punggung yang satu ini dianggap paling keramat dalam sepak bola, karena biasanya dikenakan oleh si tokoh utama sebuah klub sepak bola, boleh dibilang mereka itu semacam roh-nya tim. Tak terhitung banyaknya nama-nama besar yang mengenakan nomor keramat ini, sebut saja Lionel Messi (Barcelona/Argentina), Francesco Totti (Roma/Italia), Alessandro del Piero (mantan pemain Juventus/Italia), Roberto Baggio (mantan pemain AC Milan/Italia)

Nomor Punggung 11.
Nomor punggung 11 biasanya diberikan kepada pemain yang diharapkan mampu menjadi bintang besar seiring berjalannya waktu. Namun terkadang diberikan juga kepada seorang pemain sayap atau sang super-sub.

Nomor Punggung Aneh Pemain Sepak Bola Dunia

Kalau nomor punggung-nomor punggung pemain bola di atas masih sesuai dengan jumlah satu kesebelasan yaitu 11 orang jadi urutan nomornya dari 1, 2, 3 dan seterusnya sampai no 11. Tetapi tahukah anda bahwa ada nomor punggung pemain sepak bola yang agak aneh dan sedikit nyeleneh. Berikut diantaranya :

Nomor Punggung 18
Nomor 18 identik dengan nomor punggung dari striker pelapis tim inti atau sebuah nomor alternatif bagi striker murni yang tidak bisa memakai nomor punggung 9 karena sudah ada pemain yang memakai nomor tersebut di skuad reguler sebuah klub sepak bola. Beberapa pemain top dunia pernah memakai nomor ini, ada kisah menarik di dalamnya. Adalah seorang bernama Ivan Zamorano yang waktu itu membela Inter Milan, dia harus atau dengan terpaksa merelakan nomor kebesarannya 9 diberikan kepada idola baru publik Giuseppe Meazza yaitu Ronaldo da Lima. Akhirnya Zamorano mengenakan jersey bernomor punggung 18 dengan menambahkan simbul + (plus) diantara angka 1 dan 8 yang kalau dijumlahkan menjadi 9.
Lain halnya dengan Gabriel Batistuta yang sebelumnya bermain untuk Fiorentina dan akhirnya pindah ke AS Roma harus bertengkar dulu dengan Vincenzo Montella karena sama-sama menginginkan nomor punggung 9. Sang kapten tim, Francesco Totti malah menawarkan nomor kebesarannya yaitu 10 untuk meredakan perselisihan tersebut namun kedua pemain menolaknya. Akhirnya Batistuta dengan bijaksana memilih untuk mengenakan nomor punggung 18.

Nomor Punggung 23
Nomor punggung 23 ini menjadi populer ketika sang megastar asal Inggris, David Beckham memakainya ketika pindah ke Real Madrid. Ia menyadari bahwa ia tidak mungkin mengenakan nomor punggung 7 seperti saat di Manchester United karena nomor tersebut identik dengan Raul Gonzales, Sang Pangeran Madrid. Beckham memakai nomor tersebut alasannya karena ia kagum terhadap legenda NBA yaitu Michael Jordan yang memang identik dengan nomor tersebut.


Nomor Punggung 99
Pemain sepak bola yang memakai nomor ini mempunyai alasan dan takhyul yang mereka percayai sebagai pembawa keberuntungan. Di era sepak bola modern ini masih saja ada pemain yang percaya hal-hal seperti itu. selain itu nomor punggung dua digit yang dianggap bagus adalah 30, 32, 44, 45, 55, 66, 69, 77, 78, 88 atau 89. Namun tidak semua orang beranggapan seperti itu. Mantan pemain Newcastle United Mick Quinn menganggap hal itu sebagai sebuah kekonyolan dan penghinaan terhadap sepak bola. Contoh pemain sepak bola yang memakai nomor 99 adalah Ronaldo da Lima ketika ia pindah ke AC Milan. Ronaldo yang biasanya memakai nomor punggung 9, tetapi di AC Milan nomor tersebut sudah dipakai oleh Fillipo Inzaghi maka ia menambahkan angka 9 di belakang nomor kebesarannya itu menjadi 99 sehingga angka keberuntungannya menjadi dobel. Apakah ada kaitannya dengan prestasi Ronaldo saat itu, silahkan anda sendiri yang menilai. Selain itu ada nama Cassano juga sebagai pemakai nomor punggung ini.



Nomor Punggung 13
Angka 13 selalu diidentikkan sebagai angka pembawa sial atau tidak beruntung. Siapa bilang angka 13 pembawa sial. Mungkin itu yang alasannya pemain-pemain seperti Kolarov, Pinto, Nesta, Ballack dan yang lainnya percaya diri memakai nomor tersebut. Terbukti bahwa di antara mereka malah ada yang mencetak gol.



Nomor Punggung 88
Pemain sepak bola yang memakai nomor ini masih jarang terutama di Eropa nomor ini diharamkan karena dianalogikan dengan simbol HH yang bermakna fasisme alias Heil Hitler. Tercatat Buffon pernah memakai nomor ini saat ia bermain di Parma FC.


Nomor Punggung 45 
Pemain yang memakai nomor punggung ini beranggapan bahwa nomor ini akan membawa keberuntungan karena kalau dijumlahkan hasilnya adalah 9. Contoh pemain yang memakai nomor ini adalah Mario Balotelli (AC Milan/Italy). Sebenarnya ia menggunakan nomor itu sejak masih muda ketika di Inter Milan. pemain muda biasanya mendapat jatah nomor 36 hingga 50. Dia memilih 45 dan beranggapan seolah-olah mengenakan jersey nomor 9.

Nomor Punggung 0
Mungkin hanya seorang Hilcham Zerouali asal Maroko yang satu-satunya pernah memakai nomor punggung 0 ini. Saat itu tahun 2000 ia berlaga di Liga Primer Skotlandia bersama Aberdeen FC dengan nomor 0 (zero). Nama panggilan itu berasal dari nama belakangnya, Zerouali. Namun organisasi sepak bola Skotlandia melarang nomor itu dipakai untuk musim berikutnya.




Well, Bro dan Sis begitulah topik kita kali ini tentang makna dan fakta unik serta nomor punggung aneh pemain sepak bola. Semoga ada manfaatnya. Drive Ball mengucapkan terima kasih anda telah membaca artikel ini. Kalau anda ingin menambahkan silahkan. Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya.

Salam The Art of Soccer!


No comments

Powered by Blogger.